Panduan seputar Zakat, Infaq dan Sedekah (2)

Manfaat ZIS

Agar terjadi masyarakat sejahtera

Dalam satu tatanan masyarakat selalu ada yang kaya dan ada yang miskin. Ketetapan Allah atas keduanya adalah sunatullah yang akan senantiasa berlaku hingga hari kiamat. Allah SWT yang Maha Bijaksana, memberikan aturan pada manusia, agar dengan tatanan seperti itu mereka dapat hidup dengan harmonis. Kesenjangan yang jauh antara golongan kaya dan miskin tentunya akan menimbulkan banyak sekali persoalan dalam satu tatanan masyarakat. Dengan demikian, melalui perintah yang berkaitan dengan ZIS, hal ini merupakan kunci agar masyarakat yang harmonis dapat terwujud.

Mendorong produktifitas yang baik

Setidaknya ada beberapa yang lain yang juga merupakan manfaat dari perintah Allah SWT bagi manusia dalam hal yang berkaitan dengan ZIS. Beberapa hal itu adalah ;

Zakat harus berasal dari yang “halal”

Sebagaimana salah satu syarat ZIS, adalah ia harus berasal dari harta yang halal. Harta yang halal, hanya bisa didapat dengan cara yang juga halal. Perintah ini secara langsung mendorong satu tatanan masyarakat untuk bermu’amalah dengan cara yang baik. Sehingga hal ini dapat menahan dampak buruk dari makanan atau penghasilan yang tidak halal terhadap keimanan individu maupun kelompok.

Jumlah yang di tetapkan

Salah satu dari hikmah di balik nishob dan haul adalah untuk mendorong setiap individu untuk senantiasa produktif. Karena zakat secara tidak langsung mendorong seorang muslim untuk menjadi kaya dengan cara yang baik dan berorientasi pada kehidupan akhirat. Kesadaran masyarakat muslim tentang hal ini merupakan kunci bagi kebangkitan ummat secara umum.

Mendorong produktifitas kolektif

Tentunya dampak lain yang juga akan terasa adalah, ketika setiap individu itu berkumpul dan membuat kebaikan secara berjama’ah, maka produktifitas yang ditekankan melalui pelaksanaan ZIS dapat membuat satu tatanan masyarakat menjadi lebih produktif. Saling berlomba dalam kebaikan dalam konteks yang luas, sebagaimana spektrum ZIS yang berasal dari beragam pendapatan yang di dapat oleh manusia, baik itu dari hasil pengolahan bumi maupun dari jasa yang ia dapatkan secara individu.

Sebagai contoh dari sebuah peradaban yang sempurna

Jika kesadaran kaum muslilmin akan pentingnya ZIS dalam aspek yang luas telah menjadi satu budaya, maka peradaban yang di bangun oleh bangsa tersebut akan mencapai puncak kegemilangan. Menjadi satu negeri yang penuh dengan keberkahan, bukan satu negeri yang penuh dengan bencana dan moral masyarakat yang semakin menghawatirkan bagi siapapun yang hidup di dalamnya.

Melalui ZIS, kehidupan akan lebih tentram dan nyaman, dan itulah petunjuk yang Allah berikan untuk kebaikan manusia yang hidup di atas bumi-Nya. Wallahu’alam.

 

Sumber : http://www.bayarzisonline.com/index.php/panduan-zis/39-panduan-zis/67-manfaat-zis.html

One thought on “Panduan seputar Zakat, Infaq dan Sedekah (2)”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s