HMI Sampit Kritisi Komunitas ASEAN 2015

Suasana Stadium General “Peluang dan Tantangan Komunitas ASEAN”, yang diadakan HMI Kota Sampit  di Gedung Dharma Wanita, Jln A.Yani, Sampit, pada Senin (26/08/13),
Suasana Stadium General “Peluang dan Tantangan Komunitas ASEAN”, yang diadakan HMI Kota Sampit di Gedung Dharma Wanita, Jln A.Yani, Sampit, pada Senin (26/08/13),

 

Sampit, Sayangi.com – Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Persiapan Sampit, Abdul Rasyid , menyatakan Sampit tidak boleh hanya jadi jadi pasar bagi produk dari negara luar, tetapi harus berbuat dan memanfaatkan Komunitas Asean 2015 untuk kepentingan kemajuan sampit.

“Sampit hidup dalam harmoni, kami ingin teman-teman se-Indonesia tahu dan berwisata kemari,” kata Abdul Rasyid dalam Stadium General “Peluang dan Tantangan Komunitas ASEAN”, yang diadakan HMI Kota Sampit di Gedung Dharma Wanita, Jln A.Yani, Sampit, pada Senin (26/08/13), jam 09.00-12.00 WIB.

Rasyid mengkritis pemerintah yang lambat memperjelas apa untung rugi dari Komunitas ASEAN 2015.

Kita baru sadar, bahwa Komunitas Asean akan terjadi dua tahun lagi. Karena itu kita membuat acara ini.

“Kita ingin tunjukan, justeru dari Sampit, Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah ini muncul suara dan diskusi bagaimana memahami Komunitas Asean 2015 itu,” kata Rasyid.

Sementara itu, Ketua Panitia , Titi Haryati (23 th), menjelaskan, acara ini bagian dari Latihan Kader (LK) II dan Latihan Khusus Kohati (LKK) HMI Sampit.

“Sengaja tema Komunitas ASEAN kami “stadium-generalkan” dengan mengundang pelajar dan warga. Tujuannya agar generasi muda Sampit sadar bahwa mereka bisa saja jadi kuli negara lain, jika tidak mempersiapkan diri dari sekarang”, ungkap Titi bersemangat.

Materi Stadium General tentang ASEAN itu diberikan oleh Hariqo Wibawa Satria (31 th) , dari Komunitas Peduli ASEAN – @ASEANcom2015.

Dalam paparannya, Hariqo mengingatkan, kalau Timnas sepakbola Indonesia kalah, kita mungkin sedih setahun, tapi kalau Indonesia lengah dan kalah dalam negosiasi, bangsa ini bisa rugi ratusan tahun. Dengan semangat 17 Agustus, kita ingin ASEAN yang merdeka, berdaulat, bebas dari intervensi.

Hariqo juga mengajak generasi muda kota Sampit bangga menjadi warga Sampit, dan gotong royong promosikan kedamaian dan keindahan Sampit.

“Yang suka musik, bikinlah lagu tentang potensi Sampit, lihat Gang Nam Style yang sukses mendongkrak wisatawan ke Korea. Perhatikan bagaimana Upin dan Upin promosikan Malaysia. Bagi yang punya akun di sosial media, terus promosikan kota Sampit. Mulailah usaha, promosikan di SMS dan Sosial Media”.

Menurutnya, ada 132.620 kepala keluarga (KK) di Kotawaringin Timur, dan yang hadir di ruangan ini adalah bagian darinya.

“Semuanya harus disadarkan bahwa tantangan global itu nyata. Kita harus gotong royong, salah satunya dengan saling membeli, memasarkan produksi dari tiap rumah, think globally, but act locally”, kata Hariqo bersemangat

Menanggapi acara ini, seorang pelajar SMAN 3 Sampit, Bayu Borneo mengatakan senang diajak diskusi, bukan dijadikan pendengar saja, dan kami jadi tahur kalau tahun 2015 nanti akan bersaing dengan pelajar dari negara-negara lain.

Selaiin itu, Edy Sabaruddin dari KAHMI setempat menyampaikan bahwa 80 persen perkebunan Sawit di Kotawaringin Timur sudah dikuasai negara lain. Ia menekankan pentingnya SDM di Sampit ditingatkan agar mampu bersaing dan perjuangkan keadilan.

Acara ini dipenuhi ratusan pelajar dari SMAN 4 Sampit, SMKN 2, SMKN 1, SMAN 3, SMK PGRI, dan SMA Muhammadiyah. Datang juga mahasiswa dari Unv. PGRI Palangkaraya Kampus 3 Sampit, Unv. Darwan Ali Sampit, AKBID Muhammadiyah Kotim, STKIP Muhammadiyah Sampit. Mereka datang dari berbagai daerah seperti Kapuas, Kasongan, Pangkalanbun dan Palangkaraya.

Tampak Taufik Mukri (Wakil Bupati), Staf Ahli Bupati Kotim, Forum Komunikasi Pimpindan Daerah (FKPD), KNPI Kotim, Ovi Monita (KNPI Palangkaraya), Kepala Dinas BKKBN, Rahmad Handoko, Agus Hermawan (Relawan @ASEANcom2015 di Kalimantan). (VAL)

Sumber : http://www.sayangi.com/fitur/mimbar-kampus/read/4975/hmi-sampit-kritisi-komunitas-asean-2015

 

One thought on “HMI Sampit Kritisi Komunitas ASEAN 2015”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s