HMI CABANG PALANGKA RAYA MELAKSANAKAN DIALOG PUBLIK DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI HAK ASASI MANUSIA (HAM) TAHUN 2013

HMI sebagai salah satu organisasi kepemudaan tertua bangsa ini berupaya tetap eksis dan berkontribusi nyata dalam rangka memberikan solusi dalam pemecahan masalah – masalah bangsa ini yang semakin lama semakin kompleks. Hal itu pula yang saat ini mulai dibangun HMI Cabang Palangka Raya dibawah kepemimpinan Hendra Kurniawan kembali aktif memberdayakan para kadernya untuk berperan aktif memberikan sumbangsih dan pemikiran –pemikran para kader – kader terbaiknya agar tidak tinggal diam melihat situasi dan kondisi yang saat ini, yang mulai banyak permasalahan dirasakan oleh masyarakat utamanya di provinsi Kalimantan Tengah.
Dilatar belakangi hal tersebut, dan juga bertepatan dalam rangka memperingati hari Hak Asasi Manusia (HAM), Hari Anti Korupsi dan juga Hari Ibu yang jatuh bebarapa waku lalu HMI Cabang Palangka Raya melalui Bidang Partisipasi Pembangunan Daerah (PPD) bekerjasama dengan LSM empat Pilar Provinsi Kalimantan Tengah melaksanakan Dialog Publik di Hotel Batu Suli Internasional, Kota Palangka Raya pada hari Sabtu, 23 Desember 2013. Dalam sambutan pembukaannya, Rahmat Setiawan mewakili Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kegiatan kerjasama HMI Cabang Palangka Raya khususnya Bidang PPD dengan Lembaga lainnya salah satunya LSM Empat Pilar Kalteng. Beliau berharap kegiatan kerjasama semacam ini semakin ditingkatkan oleh bidang-bidang lain di HMI Cabang Palangka Raya dalam rangka mendekatkan diri dengan organisasi lain dan mempermudah melaksanakan kegiatan-kegiatan besar lainnya.

Adapun dialog paparan pertama dari Ibu Nurhayati ST,MT Sebagai salah satu aktivis perempuan,HAM,dan perllindungan Anak di Provinsi Kalimantan Tengah, dilanjutkan materi materi kedua Oleh Bapak Saidulkarnain Ishak Pemerhati HAM di Kalteng dan materi Terakhir dari Bapak Iska mewakili Kapolda Kalimantan Tengah. Dialog Publik dengan Tema “Aspek Penegakan HAM Dan Demokrasidi Sektor Perkebunan dan Pertambangan “ sangat menarik bagi audience terbukti banyak para peserta yang antusias menanyakan kepada pemateri salah satunya dari Purwati yang menanyakan tentang Keadilan HAM yang saat ini masih tumpang tindih antara si kaya dan si miskin, si penguasa dan masyarakat kecil lainnya.

Salah satu pemateri, Ibu Nurhayati, ST, MT dalam paparannya mengungkapkan bahwa di Kalimantan Tengah dan Kota Palangka Raya khususnya masih banyak kasus Pelanggaran HAM yang sering menimpa Ibu rumah tangga, anak-anak, bahkan akhir-akhir ini juga banyak menimpa para pria. Hal tersebut menjadi salah satu Indikator bahwa penerapan sanksi bagi pelanggar HAM saat ini masih belum memberikan dampak signifikan dalam memberikan efek jera bagi pelanggar HAM. Karena itu beliau menyarankan harus ada kerjasama yang baik dalam semua lini untuk sama- sama mengawal sanksi bagi pelanggar HAM. Beliau juga mengapresiasi kegiatan dialog yang dilakukan HMI Cabang Palangka Raya bekerjasama dengan LSM empat pilar dalam rangka membangkitkan kesadaran pemuda untuk peduli dengan sekitarnya.

Sementara itu, Suprayitno selaku Ketua Bidang Partisipasi Pembanguna Daerah (PPD) HMI Cabang Palangka Raya periode 2013 – 2014 mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai upaya kami pemuda, aktivis muda dan calon penerus bangsa ini untuk turut memberikan kontribusi pemikiran dalam rangka menyelesaikan banyaknya kasus pelanggaran HAM di Kalteng yang belum diselesaikan oleh pihak yang berwenang. Dengan adanya kegiatan dialog semacam ini kami berharap para pemuda yang dikenal memiliki pemikiran kritis ini bsa memberikan usulan tidak hanya melalui kritikan tetapi melatih mereka untuk memberikan solusi jika ada permaslahan di Masyarakat.

Suprayitno juga mengucapkan terima kasih kepada LSM Empat Pilar Provinsi Kalimantan Tengah sebagai partner penyelenggaraan dialog ini dan juga kepada seluruh audience yang hadir perwakilan dari Pelajar,Masyarakat Umum,Ormas,OKP,HIMA,dan BEM Sekota Palangka Raya yang antusias mengikuti kegiatan dialog semacam ini. Ini sebagai bukti bahwa Pemuda Kalimantan Tengah, keluarga besar HMI Cabang Palangka Raya khususnya selalu berkeinginan memberikan yang terbaik dan usaha yang maksimal untuk membangun daerah ini, bangsa ini menjadi lebih baik lagi. Perjuangan dan kontribusi pemuda bagi masyarakat tentunya tidak hanya berhenti sampai dialog ini berakhir, tetapi sampai kapanpun kedepannya pemuda wajib ambil bagian dalam rangka membela masyarakat dan lingkungan sekitar yang belum mendapatkan keadilan.

One thought on “HMI CABANG PALANGKA RAYA MELAKSANAKAN DIALOG PUBLIK DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI HAK ASASI MANUSIA (HAM) TAHUN 2013”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s