HMI CABANG PALANGKA RAYA DAN PWI PROVINSI KALTENG MENGGELAR SEMINAR PEMILU 2014 “MAHASISWA DIMINTA PANTAU PEMILU”

PALANGKA RAYA (06/02/2014) –  Semakin dekat pelaksanaan pemilu legislatif maupun presiden, semakin banyak pihak yang peduli dan mengharapkan pesta demokrasi  tersebut berjalan sukses.

Salah satunya Pengurus Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Palangka Raya dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Kalteng. Kedua organisasi ini, kerja bareng dengan menggelar seminar sehari bertajuk Peran Pers dan Mahasiswa dalam mensukseskan Nol Golput Pemilu 2014 di Ballroom Hotel Sweet Shinta, kemarin.

Sejumlah Narasumber dari akademisi Ricky Zulfauzan S.IP,M.IP, pemerhati Pers Heriyanto Prabowo dan yang terakhir mewakili KPU Provinsi Kalteng, Taibah Istiqomah.

“Mahasiswa adalah agen perubahan. Dalam hal ini ada 4 golongan mahasiswa aktivis, kedua partisipan, ketiga biasa, dan yang keempat apatis”, kata pemateri Ricky Zulfauzan.

Pada Proses pemilu ini dia mengharapkan mahasiswa dapat berperan aktif untuk memantau dan mengedukasi masyarakat dan membantu pers dalam mesukseskan pemilu.

Sementara pemerhati Pers Heriyanto Prabowo mengharapkan, peran Mahasiswa dan Pers dapat mengulang sejarah pada tahun 1998. Pada saat itu gerakan Mahasiswa yang dipublikasikan oleh pers dapat membawa perubahan yang sangat berarti dam melahirkan orde reformasi.

“Pemilu tahun ini, bukan hanya berjalan aman dan sukses tapi harus dimulai dengan proses dan cara yang benar serta menghasilkan legislator yang berkualitas”, katanya.

Dari KPU Kalteng sendiri menyebutkan, dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) per 20 Januari sebanyak 1.778.992 pemilih, tidak mungkin akan mengunakan hak pilih semuanya.

Disela-sela diskusi yang berlangsung semangat, salah seorang peserta meminta aparat terkait menindak tegas money politik.

“Jangan sampai ada Caleg jadi objek pada setiap pemilu. Kita mengharapkan yang terpilih nanti bukan hanya dari Caleg pemilik modal besar saja tapi juga dari Caleg yang berkualitas dan bermoral,” Pungkasnya.

Ketua Umum HMI Cabang Palangka Raya, Hendra Kurniawan mengatakan, “Kegiatan seminar ini adalah wujud kepedulian kami dalam mensukseskan pemilu 2014, sebagai sumbangsih HMI untuk kemajuan bangsa dan negara. Ini adalah rangkaian Kegiatan hari ulang tahun HMI ke 67 dan juga nanti akan digelar lomba-lomba untuk seluruh anggota HMI Se-Cabang Palangka Raya serta diakhiri dengan malam puncak pada tanggal 28 Februari 2014 nanti.”.

Seminar sehari ini dihadiri oleh Perwakilan Partai politik peserta pemilu, Bawaslu, OKP, ORMAS, Mahasiswa dan para tokoh-tokoh Pers Kalimantan Tengah.

*Terbit di Kalteng Pos,  hal 6. Jum’at 7 Februari 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s